Bupati Barito Utara Dukung Ibu Kota Negara di Kalimantan Tengah

  • Oleh Ramadani
  • 19 Juli 2019 - 23:02 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Bupati Barito Utara Nadalsyah sangat mendukung rencana pemindahan ibu kota negara ke Provinsi Kalimantan Tengah.

Dukungan ini dia sampaikan sesuai menghadiri Dialog Nasional Pemindahan Ibu Kota Negara di Kota Palangka Raya, Jumat 19 Juli 2019.

Acara yang dibuka Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran dihadiri ini juga dihadiri Deputi PPN/Bappenas, Plh Sekda Provinsi, unsur FKPD provinsi, kepala daerah, ketua DPRD seluruh Kalimantan Tengah.

Nadalsyah berharap Kalimantan Tengah bisa ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara Republik Indonesia.

Hal ini tentunya akan dapat berdampak juga pada peningkatan perekonomian di Barito Utara. Tentunya untuk berurusan pada Pemerintah Pusat akan lebih cepat, karena sangat dekat.

Deputi menyampaikan alasan kepindahan ibu kota yakni di Pulau Jawa ada sekitar 75 persen penduduk Indonesia, kontribusi ekonomi terhadap PDB nasional 58,48 persen, krisis ketersediaan air, konversi lahan, pertumbuhan urbanisasi, dan meningkatnya beban Jakarta.

Sehingga terjadi penurunan daya dukung lingkungan dan besarnya kerugian ekonomi. Pemindahan ibu kota negara ke luar Jawa akan mendorong perdagangan antar wilayah di Indonesia, mendorong investasi di provinsi ibu kota baru dan provinsi sekitarnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru