Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Komisi II Pertanyakan Kontribusi Pendapatan Sektor Perkebunan

  • Oleh Naco
  • 20 Juli 2019 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, H Rudianur menilai kontribusi pendapatan dari sektor  perkebunan sawit di daerah ini patut dipertanyakan

Sebab dari bantuan perkebunan untuk daerah ini sangat minim sekali. Bahkan program CSR dari sektor perkebunan banyak tidak diketahui. Padahal ada 70 perkebunan di Kotim yang harusnya berkontribusi.

Ia menyebutkan dari sektor perkebunan bisa dikatakan belum banyak berbuat untuk daerah, penerimaan daerah dari sektor itu jumlahnya sangat kecil.

"Hasil yang kita dapatkan dari perkebunan ini sangat tidak sebanding dengan keuntungan yang diraup perusahaan itu selama beroperasi,"  kata dia, Sabtu, 20 Juli 2019.

Di satu sisi, kata Rudianur, dari sektor usaha perkebunan itu dalam ketentuan tidak masuk dalam pajak dan retribusi di daerah. Mestinya daerah yang banyak memiliki perkebunan sawit ini memiliki kekompakan agar pajak dari sawit itu banyak  masuk ke kas daerah. 

“Hasil dari perkebunan itu setorannya banyak ke pemerintah pusat, kita ini menunggu dari itu aja," tegasnya.

Seandainya, kata dia, itu masuk ke daerah tentu akan besar, bahkan ia yakin banyaknya kebun sawit berdampak kepada  kemajuan daerah juga

Ia juga mengkritisi pelaksanaan CSR di setiap perkebuanan. Sebab selama ini bukti dan hasil akhir dari CSR itu minim sehingga jarang dirasakan adanya CSR itu. (NACO/B-2)

Berita Terbaru