Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Paser Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Tawarkan Rasa Bahagia untuk Menjadi Ibukota Pemerintahan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 Juli 2019 - 11:48 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Warga Kalimantan Tengah, menurut Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Universitas Palangka Raya, Profesor Sulmin Gumiri menawarkan rasa bahagia bagi para pendatang jika memang jadi didaulat sebagai Ibukota Pemerintahan Republik Indonesia.

Hal ini disampaikan Profesor Sulmin Gumiri dalam Dialog Nasional Pemindahan Ibu Kota Negara bertajuk "Kalimantan untuk Indonesia", Jumat, 19 Juli 2019.

"Yang ditawarkan Kalteng ialah rasa bahagia. Kami di sini hidup bahagia, hutan masih banyak, kerja tidak diburu-buru, tidak seperti di kota metropolitan yang pergi keluar rumah berangkat pagi pulang malam," kata Prof Sulmin.

Yang menjadi kekhawatiran warga Dayak ketika Kalteng menjadi Ibukota Pemerintahan adalah terganggunya rasa bahagia masyarakat Dayak. Hal itulah yang menurut Prof Sulmin akan disampaikan saat pemerintahan sudah pindah ke Kalteng.

"Kalau ada peluang supaya yang 2 juta orang yang direncanakan pindah ke Kalteng itu ikut bahagia seperti kami maka kami yang menyambut tamu itu juga akan ikut bahagia. Yang kita tawarkan adalah sebuah Ibukota yang happy dan menatap Indonesia baru dari ibukota yang baru," bebernya.

Dialog Nasional Pemindahan Ibu Kota Negara dengan sub judul Menuju Ibu kota masa depan yang smart, green, beautiful, dan sustainable tersebut diawali dengan paparan dari Deputi Menteri PPN/Kepala Bappenas Bidang Pengembangan Regional, Rudy S Prawiradinata dan dilanjutkan dengan paparan dari Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran.

Setelah itu dilanjutkan dengan sesi dialog dengan Kepala Bappenas Bidang Pengembangan Regional dan Gubernur Kalteng tetap menjadi narasumber. Narasumber lain yakni Alue Dohong, Deputi II Konstruksi, Operasi, dan Pemeliharaan, Badan Restorasi Gambut atau BRG, Profesor Sulmin Gumiri yang menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Universitas Palangka Raya, serta ada juga Profesor Kumpiady Widen, Dekan FISIP Universitas Palangka Raya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru