Helikopter Water Bombing Disiagakan di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya

  • Oleh Budi Yulianto
  • 20 Juli 2019 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Usulan bantuan helikopter water bombing dari pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ke pusat disetujui. Satu dari enam usulan itu sudah tiba di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya. 

"Iya sudah ada di Bandara Tjilik Riwut," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran atau BPB -PK Kalimantan Tengah, Mofit Saptono Subagio, Sabtu, 20 Juli 2019.

Bantuan helikopter water bombing itu akan difungsikan untuk memadamkan api dari jalur udara. Khususnya jika kebakaran lahan terjadi di titik yang tidak dapat dijangkau jalur darat.

Pihaknya saat ini tinggal menunggu perintah Gubernur Kalteng Sugianto Sabran termasuk kepala satgas penanganan karhutla dalam pengoperasionalannya.

Di sisi lain, pihaknya tetap bersiaga mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Juga akan selalu terjun ke lokasi kejadian begitu menerima informasi kebakaran tersebut. 

Sebagaimana diketahui, usulan tersebut sudah disampaikan beberapa hari lalu. Hal ini karena kebakaran lahan berulangkali terjadi. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru