Buaya Sering Terlihat di Sungai Desa Handil Sohor 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Juli 2019 - 14:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Warga di Desa Handil Sohor, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), sudah sering melihat kemunculan buaya di sungai tersebut sebelum nenek Jumantan (60) menjadi korban serangan buaya. 

"Masyarakat di daerah tersebut sudah sering melihat keberadaan buaya, namun baru pertama kali ada korban," ujar Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit Muriansyah, Sabtu, 20 Juli 2019. 

Sebagian masyarakat juga tidak hanya melihat buaya tersebut muncul di permukaan sungai yang lebarnya hanya 5 sampai 7 meter tersebut. Namun buaya juga pernah terlihat naik ke daratan. Buaya yang muncul berjenis buaya sapit sehingga tidak terlalu ganas seperti buaya muara. 

"Rata-rata yang terlihat adalah buaya sapit, dan jumlahnya lebih dari satu ekor," kata Muriansyah. 

Sedangkan besar buaya yang pernah terlihat rata-rata panjangnya sekitar 1 sampai 2 meter. Warga sekitar juga mengaku sudah sering kehilangan ternak mereka seperti bebek dan ayam, yang diduga dimakan oleh buaya tersebut. 

"Buaya yang naik ke darat untuk menyerang ternak warga, seperti bebek dan ayam," terang Muriansyah. 

Dengan adanya hal itu, pihaknya meminta dan mengimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati saat beraktivitas di sungai agar terhindar dari serangan buaya. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 


TAGS:

Berita Terbaru