Peserta Pelatihan Budidaya Ternak Besar di Mantangai Mendapat Materi Ini

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 20 Juli 2019 - 15:24 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sejumlah warga di Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas mendapat pelatihan budidaya ternak besar. Ada sejumlah materi yang diberikan pada pelatihan dalam rangka mendukung Produk unggulan kawasan pedesaan atau Prukades.

Pelatihan berlangsung selama kurang lebih satu minggu bertempat di Desa Manyahi, Kecamatan Mantangai.

Kepala Dinas Pertanian Kapuas Anjono Bakti melalui Kasi Kesehatan Hewan Anik Ariswandani menyebutkan sejumlah materi telah diberikan kepada peserta, mulai dari pembersihan kandang, pembersihan ternak, pemberian pakan, sistem reproduksi ternak besar.

"Juga diberikan materi untuk penentuan masa birahi, pemeriksaan kebuntingan, jenis pakan, jenis pengolahan dan pengawetan HMT (Hijauan Pakan Ternak)," ucap Anik kepada wartawan, Sabtu, 20 Juli 2019.

"Materi penyusunan ransum (pakan jadi) juga kami berikan, penting juga terkait pengendalian penyakit ternak, dan ramuan herbal untuk ternak," lanjutnya.

Adapun dalan penyampaian materi dilakukan dengan diskusi, tanya jawab, role play, dan praktek.

"Pelatihan dilaksanakan selama 7 hari dengan jam pelajaran (56 JPL) dengan perbandingan jam pembelajaran teori 60 persen dan praktek 40 persen, dengan narasumber dari Bapelmas Banjarmasin dan Bidang Peternakan Distan Kapuas," katanya.

Adapun jumlah peserta kurang lebih sebanyak 40 orang warga Kecamatan Mantangai berasal dari 4 desa, yaitu Desa Manyahi, Warga Mulya, Sekata Makmur, Lamunti Permai, dan Lamunti. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)  

Berita Terbaru