Aplikasi Pilkada Terintegrasi dengan Excel

IT Konsultan Terbaik Indonesia

IHT SMAN 5 Palangka Raya Hadirkan Narasumber dari Dalam dan Luar Sekolah

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 Juli 2019 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kegiatan in house training atau IHT di SMAN 5 Palangka Raya diisi dengan berbagai paparan dan diskusi dengan narasumber. Mereka terdiri dari luar lingkungan sekolah maupun guru-guru di sekolah itu sendiri.

"IHT yang kami laksanakan menghadirkan narasumber dari sekolah ini yang memaparkan dan memandu peserta untuk curah pendapat," kata Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Arbusin, Sabtu, 20 Juli 2019.

Misalnya I Wayan Muliana yang menguraikan materi Buku Digital (E-Book) Guru. Dalam paparannya dia menampilkan perlunya guru memanfaatkan aplikasi Buku Digital untuk lebih mudah mengelola administrasi pembelajaran secara praktis, efisien, ringan, dan aman.

"Dengan buku digital, banyak administrasi guru yang dapat disimpan dan dikelola di dalamnya. Seperti kalender, pendidikan, Silabus/RPP, Prota/Promes, jadwal, absensi siswa, kartu soal/kisi-kisi, dan analisis minggu efektif," kata dia.

Selain itu, ada Sri Rahayu yang menyampaikan materi Pembelajaran Berbasis TIK. Menurutnya aplikasi berbasis TIK sangat penting untuk memudahkan akses dalam menyelenggarakan pembelajaran.

"Dengan aplikasi ini keterampilan guru dalam menjalankan tugasnya sebagai fasilitator, pelatih, mentor, kolaborator dan mitra belajar akan bertambah. sehingga diharapkan kualitas pelaksaaan tugasnya pun meningkat," katanya. 

Dia mengatakan, aplikasi ini memang memerlukan perangkat TIK dan paket data internet. Untuk sekolah ini yang sudah memiliki fasilitas tentunya akan dapat dilaksanakan dengan baik.

Sementara itu Paparan Perangkat Pembelajaran dipaparkan oleh Wakasek Kurikulum, Yumiasi Tara yang mengajak para pendidik untuk menelaah dan merevisi serta menyempurnakan RPP agar segera siap digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

"Bu Yumiasi juga mengingatkan agar nilai karakter, literasi, dan program remedial agar masuk di dalamnya. Bahkan, RPP berbasis TIK harus mulai dirancang untuk melengkapi kesempurnaannya," tutur Arbusin lagi. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru