Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bone Bolango Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Utara Buka Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan 2019

  • Oleh Ramadani
  • 21 Juli 2019 - 08:46 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan (FBIMBT) tingkat Kabupaten Barito Utara resmi dibuka oleh Bupati Nadalsyah, Sabtu, 20 Juli 2019 malam. Lokasi pembukaan di  Water Front City (WTC), Jalan Panglima Batur, Kota Muara Teweh.

Pembukaan kegiatan tahunan dalam rangka memeriahkan hari jadi ke - 69 Kabupaten Barito Utara itu ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati. 

Kepala Disbudparpora Barito Utara Arbaidi mengatakan, tujuan dilaksanakan FBIMBT selain untuk memeriahkan hari jadi kabupaten, juga untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya tradisional.

Di samping itu, untuk menjaring atlet olahraga tradisional dan seniman terbaik guna mengikuti Festival Budaya Isen Mulang tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Peserta FBIMBT adalah perwakilan kecamatan dan umum. Mereka bakal mengikuti 16 cabang lomba, di antaranya tari dan lagu tradisional. 

Pada kegiatan tahun ini, untuk pertama kalinya dilombakan fotografi dan dongkoi (lagu-lagu berbahasa daerah yang mengandung cerita untuk menidurkan anak).

Berikut jumlah peserta FBIMBT per kecamatan. Lahei Barat 40 peserta dengan mengikuti sembilan cabang lomba, Montallat 50 peserta untuk 10 cabang lomba, Teweh Selatan 30 peserta untuk lima cabang lomba, Gunung Purei 40 peserta untuk 10 cabang lomba, Teweh Baru 80 peserta untuk 16 cabang lomba, Gunung Timang 70 peserta untuk 16 cabang lomba, Teweh Timur 46 peserta untuk 14 cabang lomba, Lahei 85 peserta untuk 9 cabang lomba, dan tuan rumah Teweh Tengah 90 peserta untuk semua cabang lomba.

Arbaidi menuturkan, juri kali ini didatangkan dari Provinsi Kalimantan Tengah atas nama Abib Habibi Igal. Abib merupakan juri berpengalaman dan banyak meraih prestasi, baik di tingkat provinsi, nasional, maupun internasional.

"Diharapkan ini akan meningkatkan kualitas dari para seniman kita," tutur Arbaidi.

Ia berharap, nantinya atlet dan seniman yang menang dan mewakili Kabupaten Barito Utara pada FBIM tingkat Provinsi Kalimantan Tengah pada 2020 bisa mempertahankan juara umum untuk ketiga kalinya.

Berita Terbaru