Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gowa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Diajak Waspada Kebakaran Bangunan dan Lingkungan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 21 Juli 2019 - 10:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya mengajak masyarakat selalu waspada terhadap potensi kebakaran. Baik kebakaran bangunan maupun hutan dan lahan.

“Saat meninggalkan rumah harus hati-hati. Apalagi rumah dalam keadaan kosong,” kata Kabid Pengendalian Operasional DPKP Kota Palangka Raya, Walter, Minggu, 21 Juli 2019.

Sebelum pergi, lanjut dia, masyarakat perlu memeriksa dan lepas alat-alat elektronik dari aliran listrik. Termasuk juga melepas regulator kompor gas. 

“Jadi harus dipastikan keamanannya sebelum bepergian kemanapun,” pesannya.

Walter juga mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada pada musim kemarau saat ini. Sebab kepedulian dalam menjaga lingkungan sekitar sangat diperlukan.

Ia menuturkan, berdasarkan data yang dirangkum DPKP Kota Palangka Raya, sepanjang pekan pertama Januari 2019 hingga Juli 2019 telah terjadi 26 kasus kebakaran lahan gambut.

Kebakaran ini terjadi hampir di seluruh wilayah kecamatan di Palangka Raya. Paling banyak terjadi di Kecamatan Jekan Raya.

“Intinya saling peduli, jangan sampai kebakaran lahan sampai meluas hingga menjalan kepemukiman tempat tinggal. Terlebih tahun ini suhu panas lebih tinggi dari tahun sebelumnya,” tutup Walter. (HERMAWAN DP/B-3)

Berita Terbaru