Jajaran Polsek Kapuas Barat Imbau Warga Desa Penda Ketapi Waspadai Karhutla

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 Juli 2019 - 13:18 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Personel Polsek Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, memberikan imbauan terkait kebakaran hutan dan lahan atau karhutla. Kali ini imbauan disampaikan kepada warga Desa Penda Ketapi.

Kegiatan sambang warga itu dipimpin Kapolsek Kapuas Barat Ipda Eko Sutrisno didampingi Kanit Binmas Bripka Arbain dan Kanit SPKT Bripka Cakra Elyas.

Mereka memberikan arahan serta imbauan kepada warga agar selalu mewaspadai karhutla.

Ipda Eko Sutrisoni mengatakan, kegiatan yang diawali dengan menyambangi kantor Desa Penda Katapi itu dilanjutkan dengan sosialisasi maklumat Kapolda Kalteng tentang larangan dan sanksi bagi pelaku karhutla.

"Imbauan dan sosialiasi ini sebagai langkah dari kami dalam mewujudkan Kalteng bebas kabut asap 2019, dengan mengajak seluruh elemen masyatakat mengantisipasinya," ujar Ipda Eko kepada wartawan, Minggu, 21 Juli 2019.

Selain memberikan sosialisasi langsung kepada masyarakat, pihaknya juga memasang spanduk larangan membakar hutan dan lahan, serta maklumat Kapolda Kalteng, bersama sama dengan warga dan perangkat desa.

"Karena kita ketahui bersama tentang bahaya, dampak karhutla itu sendiri, dan juga terdapat sanksi pidana bagi pelaku pembakar hutan dan lahan," kata Lapolsek.

Selain itu, Ipda Eko juga mengecek kesiapsiagaan desa dalam mencegah karhutla demi terwujudnya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

"Giat seperti ini akan kami terus galakan, mengingat saat ini sudah musim kemarau," tuturnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru