Lambatnya Pencairan BOS Picu Pembebanan Bahan Ajar ke Orang Tua

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 21 Juli 2019 - 19:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan menilai lambatnya pencairian Bantuan Operasional Sekolah atau BOS jadi pemicu pembebanan buku siswa ke orang tua wali.

“Bisa jadi salah satu pemicunya pembebanan buku pelajaran, karena terlambatnya pencairan anggaran BOS,” Sebut Sahdin Hasan, Minggu 21 Juli 2019.

Sehingga mau tidak mau sekolah meminta orangtua wali untuk membeli sendiri buku pelajaran peserta didik melalui pengadaan sekolah.

Diakuinya hal ini memang seringkali menjadi masalah yang harus dihadapi sekolah. Semua harus dibebankan ke orangtua agar proses belajar mengajar bisa tetap berjalan optimal.

"Inilah problema yang kerap dihadapi sekolah, sehingga akhirnya guru dan sekolah mengambil kebijakan untuk mengadakan buku sendiri sesuai kebutuhan dan standar pendidikan nasional," bebernya.

Tapi walaupun begitu, lanjut dia, harga buku pelajaran yang dijual sekolah tersebut harus masih dalam kategori harga wajar, dan tidak memberatkan orang tua wali. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru