Sapi Kurban di Pangkalan Bun Didatangkan dari Jawa

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 21 Juli 2019 - 20:42 WIB

BORNEONEW, Pangkalan Bun - Memenuhi kebutuhan jumlah hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha 1440, pedagang sapi di Pangkalan Bun datangkan hewan kurban dari Jawa.

Hal ini diungkapkan oleh seorang pedagang hewan kurban di Pangkalan Bun H Samsul mengatakan, karena dari beberapa peternak di wilayah Kotawaringin Barat tidak lagi menjual ternaknya, maka hal terebut yang membuat pedagang harus stock hewan kurban dari Jawa.

"Kalau jumlah permintaan stabil saja seperti tahun lalu, hanya saja karena beberapa peternak yang biasa kami beli tidak lagi menjualnya, kurang tahu juga apa karena stoknya terbatas atau bagimana tidak tahu juga," ujarnya, saat dibincangi Borneonews di kediamannya, Jalan Iskandar, Minggu, 21 Juli 2019.

Dia menjelaskan, untuk memenuhi permintaan pembeli, pihaknya sudah menyiapkan sapi kurang lebih 100 ekor sapi dan 30 ekor kambing siap kurban.

"Kami juga menerima pesanan, saat ini sudah ada separu dari jumlah sapi yang sudah ada pembelinya dan sisannya belum ada pembeli," ungkapnya.

Sulaiman mengungkapkan jika hewan kurban ia datangkan dari Madura, jadi jenis sapinya pun hanya sapi Madura.

Adapun harganya variatif, mulai dari harga Rp 16 juta sampai Rp 30 juta, sementara harga kambing kisarang Rp 3 juta.

"Harga hewan kurban tentunya menyesuaikan dengan ukurannya dan usianya juga harus yang sesuai untuk di hewab qurban," tandasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru