Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Poso Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Gelar Apel Siaga Nyatakan Siap Cegah Karhutla

  • Oleh Wahyu Krida
  • 22 Juli 2019 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Seperti yang telah direncanakan Apel Siaga Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), digelar di Sport Center atau Sampuraga Baru, Senin, 22 Juli 2019.

Apel yang iikuti 900 peserta terdiri dari TNI, Polri, Manggala Agni, Damkar, BPBD, dan seluruh relawan dipimpin Bupati Kobar Nurhidayah.

Kegiatan itu turut dihadiri Komandan Kodim 1014/Pangkalan Bun Letkol Inf Muhammad Roni Sulaiman, Kapolres Kobar AKBP Arie Sandy Sirait, serta jajaran satuan organisasi perangkat daerah (SKPD).

Bupati mengatakan, bencana karhutla yang puncaknya terjadi pada 2015 lalu meninggalkan jejak kerusakan dan membuat krisis kabut asap dalam jumlah yang besar.

"Hal tersebut sangat menggangu seluruh aspek kehidupan dan negara kita juga mendapat pandangan negatif dari dunia internasional," ujar Bupati.

Karena itulah, lanjutnya, penanganan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kobar tahun ini harus lebih baik, harus terencana, menyeluruh, terpadu, dan berkelanjutan.

"Selain itu juga melibatkan seluruh stakeholder, baik dari unsur TNI-Polri instansi terkait, badan usaha atau pihak perusahaan. serta masyarakat peduli api maupun relawan. Karena hal ini merupakan tanggung jawab bersama," tegas Bupati.

Menurut Bupati, upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan tidak akan berhasil secara efektif dan optimal tanpa peran serta komitmen yang kuat dari semua pihak.

"Mengingat keterbatasan personel tim pengendalian kebakaran, eksistensi masyarakat dalam penanggulangan karhutla juga sangat penting. Karena itula saya mengimbau di setiap desa atau kelurahan perlu dibentuk kelompok masyarakat pengendali karhutla yang terlatih agar mampu mengatasi kebakaran di wilayahnya masing - masing," sebut Bupati. (WAHYU KRIDA/B-3)

Berita Terbaru