Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musirawas Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Cabai di Kasongan Capai Rp 100 Ribu per Kilogram

  • Oleh Abdul Gofur
  • 22 Juli 2019 - 14:06 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah ibu rumah tangga di Kasongan, Kabupaten Katingan, mengeluhkan harga cabai yang sejak beberapa hari terakhir melambung tinggi.

Pasalnya, kini harga cabai dipatok rata-rata Rp 100 ribu per kilogram. "Sekarang beli cabai Rp 10 ribu hanya dapat sedikit dan hanya untuk sekali menyambal. Kalau sebelumnya bisa beberapa kali untuk nyambal dan masak sayur," keluh Eni, ibu rumah tangga, warga Kelurahan Kasongan Lama, Senin, 22 Juli 2019.

Menurutnya, sejak harga cabai mahal, keluarganya saat ini mengurangi jumlah cabai yang dimasak, baik untuk sayur, lauk, maupun membuat sambal.

Eni mengaku, keluarganya selama ini gemar masakan pedas. "Biar mahal lombok tetap kita beli, soalnya kalau masak enggak dikasih lombok rasanya ada yang kurang," imbuhnya.

Sementara itu, menurut sejumlah pedagang sayur di Kasongan, kenaikkan harga cabai udah berlangsung hampir sepekan terakhir.

"Sekarang kita jual lombok kecil itu Rp 100 ribu per kilogram, soalnya pasokan sekarang terbatas bila dibandingkan dengan sebelumnya," kata Yono, pedagang sayur.

Menurutnya, menipisnya stok cabai disebab sebagian petani gagal panen atau ada yang tidak menanam. Biasanya, aku Yono, dirinya membeli cabai dari pengepul yang datang dari Palangka Raya.

"Katanya sekarang banyak petani tidak menanam karena musim kemarau," ujar Yono. (ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru