Kajari Barito Selatan:  Utamakan Pencegahan Dalam Penegakan Hukum

  • Oleh Uriutu
  • 22 Juli 2019 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Kepala Kejaksaan Negeri Barito Selatan Douglas Oscar Berlian Riwoe menyebutkan mengutamakan pencegahan dalam penegakan hukum.

“Upaya pencegahan lebih diutamakan dibandingkan penindakan dalam penegakan hukum," kata Douglas Oscar Berlian Riwoe kepada Borneonews usai kegiatan, Senin, 22 Juli 2019. 

Upaya tersebut, kata dia, telah dibentuk dengan Tim Pengawalan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah  atau TP4D.

Ia mengatakan, semua stake holders mulai dari jajaran pemerintahan serta aparat desa bisa memanfaatkan TP4D dalam upaya mencegah bentuk penyimpangan.

TP4D Kejari Barsel, lanjut dia, dapat dimanfaatkan untuk berkonsultasi. Jangan takut dengan jaksa karena paradigma penegakan hukum lebih mengutamakan pencegahan dari pada penindakan.

“Tujuan dibentuk TP4D ini agar tidak ada lagi para ASN atau pebajat pemerintah yang terlibat didalam tindak pidana korupsi,” tandas dia.

Ia meminta kepada seluruh ASN di Barsel dalam menjalankan tugas jangan takut. Namun bekerjalah sesuai dengn koridor hukum yang ada dan aturan main yang benar.

Apabila ada ASN yang terlibat, tegas dia, sesuai dengan hasil pemeriksaan dari inspektorat dan BPK haru segera ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah. Namun apabila mereka tidak melanjutinya maka harus diserahkan kepada aparat penegak hukum.

“Setelah diserahkan kepegak hukum maka dilakukan penanganan hukum dan pengungkapan kasusnya,” tegas dia. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru