Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Padang Pariaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Plt Asisten II Setda Pulang Pisau Buka Pelatihan Manajemen Homestay 

  • Oleh James Donny
  • 22 Juli 2019 - 18:26 WIB

BORNEONEWS,  Pulang Pisau - Pelaksanan Tugas (Plt)  Asisten II Sekretariat Daerah (Setda)  Pulang Pisau Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Halidi membuka kegiatan Pelatihan Manajemen Homestay yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau,  Senin, 22 Juli 2019.

"Pemerintah daerah menyambut baik dan mendukung kegiatan pelatihan manajemen homestay yang laksanakan saat ini," kata Plt Asisten II saat menyampaikan sambutan Bupati Pulang Pisau. 

Menurutnya untuk urusan daerah di bidang pelayanan kepariwisataan daerah diarahkan untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat. "Dengan demikian tentunya manfaat ekonomi yang diperoleh nantinya dapat dirasakan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat," kata Halidi. 

Homestay terangnya merupakan sarana yang begitu penting dalam pengelolaan pariwisata terutama di daerah destinasi wisata sebagai usaha untuk memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat di desa. 

Menurutnya pengelola destinasi wisata perlu untuk memahami pengelolaan homestay secara baik dan benar terkait dengan promosi,  manajerial, pemeliharaan dan perawatan homestay. "Bahkan di beberapa daerah destinasi wisata belum ada fasilitas homestay," katanya. 

Menurutnya hal tersebut harus diperhatikan apabila daerah tersebut ingin berkembang menjadi desa wisata. Homestay ujar Halidi salah stau strategi dari pemerintah untuk menggerakan pariwisata berbasis masyarakat.(JAMES DONNY/B-5) 

Berita Terbaru