Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Serdang Bedagai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tujuan Pelaksanaan Lomba Benang Bintik Karnival Show 2019 Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 22 Juli 2019 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Lomba Benang Bintik Karnival Show tahun 2019 di Kabupaten Kapuas, telah diselenggarakan bertempat di Aula Kantor Bupati Kapuas pada Senin, 22 Juli 2019.

Tercatat 256 peserta mengikuti kegiatan yang berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 22 – 23 Juli 2019 itu dilaksanakan oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga atau TP PKK Kabupaten Kapuas.

Ketua TP PKK Kapuas Ary Egahni mengatakan bahwa lomba benang bintik merupakan program TP PKK dengan tujuan bagaimana seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas dapat menghargai dan mencintai bahkan seiring dengan itu dapat mensosialisasikan karya anak negeri.

Terutama dari masyarakat di Kabupaten Kapuas dengan mendesain Benang Bintik Khas Kabupaten Kapuas, karena memang menjadi tanggung jawab bersama.

"Untuk arti makna dari Benang Bintik adalah berasal kata “Benang” merupakan kain yang berwarna putih polos, kemudian “Bintik” berarti motif yang diletakkan di atas benang," ucap Ary usai kegiatan.

Sehingga, lanjut ia dalam filosofi masyarakat dayak khususnya Dayak Ngaju yaitu makna Benang Bintik juga berupa doa, harapan dan bagaimana filosifi hidup masyarakat dayak.

“Ketika saya menjadi Ketua TP PKK dan otomatis Ketua Dekranasda, saya semakin terasah untuk bagaimana diri sendiri mencintai sepenuh hati setelah itu mensosialisasikan serta menggelorakkan gerakan untuk mencintai Benang Bintik Kapuas," katanya.

Pihaknta patut berbangga bahwa Benang Bintik Kapuas tidak hanya mendunia di Kalimantan Tengah bahkan dikenal se Indonesia.

"Kami berharap lomba Benang Bintik Carnival Show bukan hanya kegiatan seremonial biasa tetapi sebagai satu jiwa dan pengharapan bersama bagaimana Batik Kapuas bisa mendunia," harapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru