Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPPP Barito Selatan Bakal Data Ulang Penyuluh Pertanian 

  • Oleh Uriutu
  • 22 Juli 2019 - 19:10 WIB

BORNENEWS, Buntok – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan atau DKPPP Barito Selatan bakal mendata ulang penyuluh pertanian. Demikian disampaikan Kasi Pembenihan dan Produksi pada DKPPP Barsel, Agiria kepada Borneonews, Senin 22 Juli 2019.

“Pendataan ulang ini sangat perlu dilakukan mengingat masih ada beberapa desa yang tidak memiliki penyuluh pertanian,” beber Agiria.  

Ia mengatakan, sesuai peraturan pemerintah bahwa satu desa wajib memiliki satu penyuluh. Bahkan di desa lumbung pertanian pun belum memiliki penyuluh.

"Inilah yang menjadi kendala sekarang dalam proses pembangunan pertanian bahwa kenyataannya di tingkat lapangan tidak sesuai, jumlah penyuluh dan desa yang dibina," ucap dia.

Bahkan lanjut dia, saat ini ada desa yang penyuluhnya diambil dari bidang fungsional instansi setempat dan membina desa yang cukup jauh dari lokasi seharusnya bertugas.

Sehingga lanjut dia, tidak efektif dalam melaksanakan tugas penyuluhan. Karena jauhnya jangkauan lokasi desa, apalagi tidak ada akses jalan darat. Hal inilah sangat mempengaruhi program pertanian Barsel.

"Desa yang potensial di bidang pertanian yakni Desa Batilap yang terletak di Kecamatan Dusun Hilir dan Desa Kalanis," tuturnya.

Ia pun berharap pemerintah daerah bisa membantu mengefektifkan program pertanian salah satunya dengan penataan ulang para penyuluh pertanian. 

Terlebih lagi, lanjut dia, penyuluh untuk wilayah Dusun Hilir yang merupakan daerah potensial pertanian atau lumbung pertanian. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru