Kunjungan Kerja Pemko ke Bali Belajar tentang Lembaga Adat dan Pariwisata

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 22 Juli 2019 - 19:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Plt Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palangka Raya, Murni D Djinu mengatakan kunjungan kerja yang akan dilaksanakan Pemerintah Kota Palangka Raya ke Bali lebih ditekankan terkait pengelolaan lembaga adat.

“Kami melihat jika di Bali lembaga adatnya berfungsi sebagai vital,” tutur Murni seusai rapat rencana kunjungan kerja ke Kabupaten Kelungkung di DPRD Kota Palangka Raya, Senin, 22 Juli 2019.

Ia melihat, selain berkepentingan untuk mengelola adat istiadat daerah, lembaga adat di kawasan tersebut juga dipercayakan oleh pemerintah daerah untuk mengelola  beberapa objek wisata sesuai dengan domisili mereka masing-masing.

“Agenda yang akan dibahas di sana adalah penyesuaian program kerja dari Badan Kesbangpol Kota untuk memperdalam tugas dan fungsi Forkopimda,” ucap dia.

Selain itu, lanjut dia, pengkajian lembaga adat dalam hal pengelolaan pariwisata dan UMKM menjadi salah satu hal yang akan diperdalam pihaknya di Pulau Dewata tersebut.

Ia menilai pengelolaan UMKM dengan adanya sistem pengelolaan pariwisata yang mumpuni dan sistematis maka akan berpengaruh positif pada UMKM yang ada. 

“Oleh sebab itu, dipilih lah Bali sebagai rujukan Pemerintah Kota Palangka Raya untuk mendalami peran lembaga adat yang akan bersinergi dengan pengelolaan pariwisata dan UMKM,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-2)

Berita Terbaru