Bupati Barito Utara Minta Perangkat Daerah Kerja Keras Capai Target PAD 

  • Oleh Ramadani
  • 22 Juli 2019 - 21:16 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh -  Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengatakan, ada beberapa perangkat daerah penghasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang masih rendah. 

“Saya berharap agar perangkat daerah yang masih rendah realisasi PAD-nya supaya bekerja keras untuk mencapai target-target yang telah ditentukan,” kata Bupati Nadalsyah pada rapat evaluasi penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) semester I (Januari-Juni) tahun 2019 di aula Bappeda Litbang, Senin 22 Juli 2019.

Nadalsyah mengatakan, apabila tidak ada regulasinya maka akan dibuat regulasinya berikut secara Perda maupun Perbup. Sesuai dengan laporan dari Dinas Perhubungan, capaian realisasi PAD-nya mencapai 109 persen.

"Ini karena kita regulasinya berubah dari awal, seperti izin tambat hanya sekian rupiah kita tingkatkan, karena tidak sesuai regulasi awalnya dengan pendapatan kita, aktivitas orang perhubungan turun ke lapangan," jelasnya.

“Jadi maksud saya perangkat daerah penghasil PAD bisa seperti Dinas Perhubungan ini, ada inovasi-inovasi untuk meningkatkan, membuat peraturan ataupun mengajukan pengaturan kepada bupati  dan kita kaji," lanjutnya.

Ia menambahkan, kalau peraturan ini bisa menguntungkan atau membuat kemajuan daerah serta meninngkatkan PAD, kenapa tidak harus kita buat, apakah jangka panjangnya melalui Perda atau jangka pendeknya melalui Perbub. "Jadi inilah yang kita maksudkan supaya PAD kita bisa meningkat,” terang Nadalsyah.

Pada kesempatan itu juga, Bupati Nadalsyah juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kerja keras perangkat daerah penghasil yang telah mencapai realisasi paling sedikit 50 % dari target pendapatannya di Juni  2019 yaitu.

Ada empat perangkat daerah yang realisasinya sudah tercapai yaitu Dinas Perhubungan dengan realisasi 109 %, Dinas Kesehatan dengan realisasi 51 %, Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) dengan realisasi 51 %, Dinas Pertanian dengan realisasi 50 %.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Utara tidak lupa mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada semua pihak yang telah membantu pemerintah daerah dalam membiayai pembangunan di Kabupaten Barito Utara terutama kepada wajib pajak dan wajib retribusi daerah,” kata bupati yang akrab disapa H Koyem ini. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru