Sensus Penduduk 2020 di Kobar Akan Gunakan Sistem Digital

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 22 Juli 2019 - 21:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kotawaringin Barat akan melaksanakan sensus penduduk 2020 dengan menggunakan sisten digital, tidak lagi menggunakan kertas.

Kepala BPS Kobar Oo Suharto mengatakan, sensus penduduk pada 2020 di Kobar akan menggunakan sistem digital, berupa aplikasi di smartphone atau web. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat menginput data.

"Jadi akan menggunakan Capi (computer assisted personal interviewing) yang ada di Gadget sehingga masyarakat dapat mandiri menginput datanya sendiri, jadi tidak lagi menggunakan kertas," ujarnya Senin, 22 Juli 2019.

Ia menjelaskan, Kobar masuk pada 3 Kabupaten dan Kota yang ditunjuk dalam sensus 2020 ini menggunakan sistem digital. Tiga kabupaten dan kota itu yaitu, Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Kotawaringin Barat.

Dalam pengisian data dengan sisten digital, kuisionernya juga lebih sederhana. Harapannya dengan sistem baru ini nantinya akan lebih cepat dalam pengolahan datanya.

"Kuisionernya lebih sedikit, ada belasan aja dan dengan sistem digital ini dapat dilakukan di wilayah yang tidak ada sinyal, atau bisa offline," tandasnya. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru