Masyarakat Berpenghasilan Rendah Jadi Prioritas Pendaftaran Sertifikat Tanah Gratis

  • Oleh James Donny
  • 23 Juli 2019 - 17:20 WIB

BORNEONEWS,  Pulang Pisau - Masyarakat berpenghasilan rendah menjadi prioritas dalam program pendaftaran sertifikat tanah gratis yang dilaksanakan melalui program Pendaftaran Tanah Sistemtis Lengkap (PTSL). 

"Basic datanya adalah masyarakat berpenghasilan rendah di desa dan kelurahan dan ini yang kita prioritaskan," ujar Kepala Dinas Perumahan,  Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Provinsi Kalimantan Leonard S  Ampung saat ditemui awak media usai menghadiri pembukaan Rapat Kerja Teknis Pendaftaran Tanah Tahun 2019 di Kabupaten Pulang Pisau,  Selasa, 23 Juli 2019.

Harapannya dengan adanya program PTSL ini kedepan tidak ada lagi ditemukan masyarakat yang belum memiliki sertifikat. 

"Kita mulai lakukan langkah melalui sosialisasi dan rakernis seperti ini,  dalam rangka pengkayaan serta membuka kembali wawasan mulai dari aparat kita yang paling rendah dari Kepala Desa,  Lurah dan Camat," kata Leonard. 

Menurutnya untuk melakukan langkah tersebut mulai dari aparat paling bawah harus ada persamaaan persepsi sehingga upaya yang dilakukan berjalan dengan baik sesuai dengan pencapaian yang diharapkan. "Harus ada persamaan persepsi bagaimana tanah-tanah kita yang ada di Kalimantan Tengah ini betul-betul sudah bertuan," katanya. 

Menurutnya PTSL sebagai program sertifikat tanah gratis ini juga bisa dikolaborasikan melalui atau dibiayai APBD Provinsi dan APBD Kabupaten. 

Pendaftaran tanah terang Leonard memiliki perananan penting dalam penyelenggaraan urusan pemerintah bidang pertanahan. Dengan adanya legalitas atas tanah tersebut secara tidak Iangsung akan memberikan dampak pada upaya peningkatan perekonomian di masyarakat. (JAMES DONNY/B-5) 

Berita Terbaru