Pj Sekda  Barito Selatan Buka Sosialisasi Penataan Desa, Kelurahan dan Kecamatan

  • Oleh Uriutu
  • 23 Juli 2019 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pj Sekda Barito Selatan Syahrani membuka sosialisasi penataan desa, kelurahan dan kecamatan di aula Setda, Selasa, 23 Juli 2019.

Syahrani mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah atau PP nomor 17/2018 tentang Kecamatan dan Permendagri nomor 1/2017 tentang penataan desa. 

Hal ini dilaksanakan, lanjut dia, agar seluruh pemerintah Desa, Kelurahan dan Kecamatan mengetahui adanya peraturan baru tentang penataan desa.

“Tujuannya agar seluruh lapisan Pemerintah baik Desa, Kelurahan dan  Kecamatan serta instansi terkait memahami persyaratan dan tahapan tentang penataan desa tersebut,” kata Syahrani kepada Borneonews usai kegiatan.

Serta lanjut dia, agar semua persyaratan dan tahapan terlengkapi untuk pemekaran Kecamatan, pemekaran sebagian wilayah kelurahan menjadi desa, pemekaran dari satu desa menjadi dua dan peningkatan status desa menjadi kelurahan.

Ia membeberkan, beberapa tahun lalu Pemkab Barsel telah mengajukan pemekaran Kecamatan yang telah dibahas bersama DPRD kepada Gubernur Kalteng. 

Namun hal tersebut gagal lantaran pemerintah pusat mengeluarkan Moratorium pemekaran kecamatan dan Kelurahan pada Agustus 2012.

“Kini dengan peraturan baru yakni PP nomor 17/2018 tentang Kecamatan yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat bisa melaksanakan pemekaran,” jelas dia. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru