Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Tidung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tujuan Sosialisasi Penataan Desa, Kelurahan dan Kecamatan

  • Oleh Uriutu
  • 23 Juli 2019 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Sosialisasi penataan desa, kelurahan dan kecamatan yang diselenggarakan Pemkab Barito Selatan bertujuan memberikan pemahaman kepada aparatur pemerintahan.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada seluruh Kepala Desa, Camat dan Lurah serta instansi terkait bagaimana mekanisme dari peraturan perundang-undangan tentang penataan desa, Kelurahan dan Kecamatan,” kata Kabag Pemerintahan  Barsel, Yoga P Utomo kepada Borneonews, Selasa 23 Juli 2019.

Ia berharap dengan kegiatan ini agar masyarakat melalui Kades, Lurah dan Camat memahami persyaratan-persyaratan yang menjadi keharusan dalam pengembangan wilayah atau pemekaran desa, kelurahan dan kecamatan.

Ia membeberkan, hingga saat ini pihaknya menerima beberapa usulan hasil prakarsa masyarakat yakni Desa Tabakanilan meninginkan peningkatan status Desa menjadi Kelurahan.

Serta, lanjut dia, Desa Babai dan Palu Rejo mengusulkan pemekaran menjadi dua desa dan dari Kelurahan Rantau Kujang, Kelurahan Pendang dan Kelurahan Mangkatip untuk memekarkan sebagain wilayahnya menjadi desa.

“Hanya saja masih beberapa kendala dari peraturan perundangan yang berlaku mulai dari jumlah penduduk, penetapan tata batas wilayah dan juga sarana dan prasarana yang ada di desa dan kelurahan,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru