Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulungan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasau Kunjungi Lanud Iskandar Sikapi Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara

  • Oleh Wahyu Krida
  • 23 Juli 2019 - 17:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Menyikapi rencana pemindahan ibu kota negara dan yang menjadi salah satu kandidatnya adalah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), TNI Angkatan Udara (AU) segera melakukan langkah antisipasi.

Untuk itulah Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan rombongan, Selasa, 23 Juli 2019, berkujung ke Lanud Iskandar Pangkalan Bun.

"Ini merupakan kunjungan rutin mengecek operasional Lanud untuk mendukung kesiapan  operasi yang dilaksanakan AU. Selain itu AU juga menyikapi rencana pemerintah untuk pemindahan ibu kota. yang salah satu  calonnya Kalteng," jelas Kasau.

Menurut Kasau, walaupun belum ada keputusan pemerintah pusat, AU tetap melakukan antisipasi semua itu.

"Saya harus melihat berbagai kesiapan yang ada  di Lanud Iskandar Pangkalan Bun, sebagai antisipasi bila nanti rencana pemindahan ibu kota negara direalisasikan di Kalteng. Demikian juga provinsi lain yang juga menjadi rencana pemindahan ibukota tersebut. Kami juga akan mengunjunginya," jelas Kasau.

Pasalnya, lanjut Kasau, dengan terjadinya pemindahan ibukota negara,  TNI AU harus meyiapkan sistem pertahanan udara.

"Namun untuk penentuan tipe Lanud, tentunya harus dibentuk kelompok kerja. Tujuannya untuk mengkaji secara keseluruhan apakah tipe lanud bakal ditingkatkan terkait keberadaan ibukota negara atau dipilih Lanud ditempat lain yang lokasinya dekat ibukota," pungkas Kasau. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru