Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gunung Kidul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini 8 Aksi Konvergensi Upaya Penurunan Stunting di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 23 Juli 2019 - 18:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Bappeda Kabupaten Kapuas kembali menggelar rapat koordinasi penyusunan rencana program kegiatan penurunan stunting.

Dalam acara yang berlangsung di aula kantor setempat pada Selasa, 23 Juli 2019 ini merupakan aksi yang ke dua dari total ada delapan aksi konvergensi (penggabungan) atau interasi dengan instansi terkait dalam rangka penurunan stunting di Kapuas.

Kepala Bappeda Yan Hendri Ale menjelaskan terdapat delapan aksi konvergensi atau interasi dalam penurunan stunting. Dua dari delapan sudah terlaksana.

Ale menyebutkan ke delapan aksi itu diantaranya mulai dari aksi satu analisa situasi, aksi dua rencana kegiatan, aksi tiga rembuk stunting, aksi empat perbup/perwali tentang peran desa, aksi lima Kader Pembangunan Manusia atau KPM.

"Kemudian untuk aksi enam itu ada manajemen data, dilanjutkan aksi tujuh pengukuran dan publikasi serta aksi delapan review kinerja tahunan," ucap Ale disela rapat koordinasi penyusunan program penurunan stunting, Selasa, 23 Juli 2019.

Lebih lanjut, dikatakannta ke delapan aksi tersebut nantinya diharapkan akan dapat terlaksana dengan baik di Kabupaten Kapuas, sehingga bisa menurunkan angka terjadinya stunting.

"Dalam aksi satu yaitu analisis situasi sudah dilakukan pada 182 desa dari 214 desa yang ada di Kabupaten Kapuas," ucapnya.

"Dan analisis dilakukan atas 20 data cakupan layanan prioritas intervensi penurunan dan pencegahan stunting yang menjadi tanggungjawab instansi terkait," tambahnya 

Adapun instansi terkait itu meliputi Dinas Kesehatan, Dinas PUPR-PKP, Ketahanan Pangan, P3APPKB, Pendidikan dan Dinas Sosial. "Jadi dalam pelaksanaan aksi itu memang pentingnya kerjasama banyak pihak agar bisa menurunkan stunting di Kapuas," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru