Ini Pesan Bupati Seruyan Menghadapi Potensi Bencana

  • Oleh Reno
  • 24 Juli 2019 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Bupati Seruyan Yulhaidir berharap agar kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Kabupaten Seruyan dapat diminimalisir, terutama di sejumlah wilayah yang menjadi langganan kebakaran hutan dan lahan.

Untuk menghadapi potensi bencana yang mungkin terjadi, Yulhaidir mengajak semua elemen untuk mengambil langkah-langkah konkrit.

Langkah konkrit itu di antaranya berkomitmen bersama melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan sejak dini dengan target Seruyan bebas bencana asap.

Mengantisipasi kejadian kebakaran hutan dan lahan sedini mungkin dengan menggerakkan seluruh jajaran sampai tingkat desa. Serta, mengaktifkan pengawasan terhadap setiap indikasi kebakaran hutan dan lahan.

Kemudian, segera membentuk satuan satgas pencegahan kebakaran hutan dan lahan berbagai tingkatan.

Saling mendukung dan bersinergi dalam penanganan kejadian kebakaran hutan dan lahan melalui keterlibatan semua pihak baik pemerintah, TNI, Polri, masyarakat dan dunia usaha.

Melakukan patroli intensif pada daerah rawan kebakaran hutan dan lahan serta segera memadamkannya apabila terjadi kebakaran.

Meningkatkan peran relawan atau organisasi dalam pemadaman dini di wilayahnya, serta penyebaan informasi tentang larangan membakar hutan dan lahan.

"Serta memastikan semua sarana dan prasarana penanganan kebakaran hutan dan lahan untuk kebutuhan pemadaman dalam kondisi siap pakai," ungkap Bupati Yulhaidir pada apel kesiapan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, Selasa 23 Juli 2019. (RENO/B-2)

Berita Terbaru