Pemko Palangka Raya Jangan Gengsi Belajar ke Kabupaten Peraih Adipura

  • Oleh Testi Priscilla
  • 24 Juli 2019 - 10:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto meminta agar pemerintah kota tidak enggan untuk belajar dalam upaya meraih piala adipura. Bahkan, jika harus belajar dari pihak kabupaten, terutama yang berada di sesama Provinsi Kalimantan Tengah.

"Jangan karena kita ini kota, lalu gengsi belajar dengan mereka yang di kabupaten. Malah kita harus belajar, di kabupaten bisa dapat adipura, kita yang di kota kok tidak bisa," tutur Sigit, Rabu, 24 Juli 2019.

Menurut Sigit, jika Pemko Palangka Raya tetap gengsi untuk belajar ke daerah lain, maka pada akhirnya piala adipura tetap akan menjadi mimpi belaka.

"Mungkin karena kita masih jauh dari syarat dan kriteria kota bersih, makanya kesempatan meraih adipura masih sebatas mimpi. Kita perlu belajar dengan daerah lain. Tak usah jauh-jauh, cukup berguru dengan Pemkab Kotawaringin Barat," katanya.

Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan itu menurut Sigit terakhir didapatkan Palangka Raya pada 1998 silam. Artinya, sudah sekitar 21 tahun ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah itu tak menyandang predikat sebagai kota terbersih dan berhasil dalam pengelolaan lingkungan perkotaan.

"Tentu kenyataan itu membuat kita merasa sedih. Makanya kita mengingatkan pemerintah kota agar tak perlu gengsi belajar dengan daerah yang berhasil meningkatkan kebersihan kota," bebernya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru