Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yalimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perpustakaan Harus Jadi Paradigma Baru

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 24 Juli 2019 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Perpustakaan di Indonesia didorong menerapkan perpustakaan dengan paradigma baru di masyarakat.

Perpustakaan ke depan harus menjadi pusat ilmu. Perpustakaan tidak hanya sebagai tempat untuk meminjam buku tetapi juga sebagai pusat pelatihan dan kegiatan keilmuan.

“Perpustakaan bisa juga menjadi ruang publik untuk segala kegiatan. Tempat berkegiatan seluruh masyarakat, platihan bimtek,” kata Kepala Bidang Pengkajian dan Pemasyarakatan Minat Baca Perpusnas RI, Nanik Suryani, saat Safari Gemar Membaca di rumah jabatan wali kota Palangka Raya, Rabu 24 Juli 2019.

Ia berharap perpustakaan bisa menjadi tempat mengedukasi masyarakat dengan berbagai ilmu yang berguna untuk peningkatan ekonomi dan kesejahtraan.

“Contohnya seperti Kabupaten Kapuas yang sudah mengeluarkan produk olahan eceng gondok dan rotan yang dibuat jadi rotan. Itupun sudah mulai dipasarkan ke luar daerah,” ucap Nanik.

Ia ingin, ke depan pustakawan bisa terus berkembang menjadi agen perubahan. Sebagai seseorang yang mampu menyediakan dan menyebarluaskan informasi sesuai kebutuhan masyarakat. (HERMAWAN DP/B-3)

Berita Terbaru