Lamandau Terima Penghargaan Kabupaten Layak Anak

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 24 Juli 2019 - 14:36 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Lamandau meraih predikat sebagai Kabupaten Layak Anak atau KLA 2019.

Penghargaan dari pemerintah pusat itu diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atau PPPA Yohana Yambise kepada Bupati Lamandau H Hendra Lesmana.

Penyerahan penghargaan dilakukan saat puncak peringatan Hari Anak Nasional di Kota Makassar, Selawesi Selatan, Selasa, 23 Juli 2019.

Penghargaan KLA itu diberikan lantaran kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba tersebut masuk pada kategori salah satu daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam mewujudkan tindakan kongkret terhadap penyelenggaraan perlindungan anak.

"Alhamdulillah, upaya serius Pemkab Lamandau dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak selama ini mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Lamandau menjadi salah satu daerah dari 247 kabupaten dan kota se-Indonesia yang tahun ini mendapat penghargaan tersebut," kata Bupati Hendra Lesmana, Rabu, 24 Juli 2019.

Bupati menegaskan, Kabupaten Lamandau saat ini betul-betul serius untuk mewujudkan KLA. Sejumlah persyaratan dari 24 indikator KLA secara bertahap terus direalisasikan.

"Untuk bisa sampai menjadi KLA, ada 4 tahap penilaian yang harus kita lalui, mulai dari penilaian mandiri oleh masing-masing kabupaten/kota, verifikasi administrasi oleh tim verifikasi administrasi, verifikasi lapangan oleh tim verifikasi lapangan, dan terakhir verifikasi final oleh tim verifikasi final," kata Hendra.

Sementara itu, pada tahun ini Kabupaten Lamandau telah memasuki penilaian tahap tiga, yakni verifikasi lapangan dalam rangka evaluasi KLA.

Upaya Lamandau merealisasikan program KLA juga tidak terlepas dari upaya menyukseskan program pemerintah pusat menuju Indonesia Layak Anak 2030. (HENDI NURFALAH/B-3)

Berita Terbaru