Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musirawas Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi II: Awasi Penjualan Hewan Kurban

  • Oleh Naco
  • 24 Juli 2019 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Jelang Hari Idul Adha, penjual hewan kurban bermunculan di Sampit, Kabupaten Kotawatingin Timur. Beberapa lokasi penjualan hewan kurban itu di antaranya di Jalan HM Arsyad, Tjilik Riwut, Pemuda dan lokasi lainnya. 

Anggota Komisi II DPRD Kotim, H Abdul Kadir menginginkan aktivitas jual beli hewan kurban itu harus di bawah pengawasan pemerintah daerah. 

"Hal ini memudahkan untuk mengecek dan memastikan hewan kurban yang diperjualbelikan memang layak dijadikan sebagai hewan kurban," kata dia, Rabu, 24 Juli 2019

Kadir mengakui saat menjelang Idul Adha memang penjualan hewan kurban cenderung meningkat. Penjual hewan itu mendatangkan khusus dari luar daerah.

"Kami berharap hewan yang didatangkan itu memang memenuhi syarat untuk dijadikan  hewan kurban," tegasnya.

Ia juga meminta agar semua penjual bisa didata dengan baik kemudian diperiksa oleh pemerintah daerah melalui tim biasanya atau melalui instansi terkait.

Dengan begitu maka masyarakat tidak perlu was-was lagi dalam membeli hewan kurban untuk Idul Adha ini, upaya itu sangat penting karena setiap tahun banyak yang mendatangkan  hewan kurban seperti sapi dari luar daerah.

"Nah disinilah peran dari Dinas teknisnya untuk memeriksa semua hewan-hewan yang diperjualbelikan kepada masyarakat tersebut,“ tegas dia. (NACO/B-5)

Berita Terbaru