Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukoharjo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sistem Informasi Jadi Bagian dari Kesehatan

  • Oleh Ramadani
  • 24 Juli 2019 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Sampuerna Murniati mewakili Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara Siswandoyo, mengatakan bahwa sistem informasi kesehatan merupakan bagian dari sistem kesehatan.

Oleh sebab itu, kebutuhan akan layanan informasi yang cepat dan tepat semakin mendesak.

“Informasi terkait ketersediaan obat publik di setiap level pemerintah perlu diketahui dan dimonitor. Karena merupakan bagian yang penting dalam pelayanan kesehatan. Sistem informasi e-logistik obat dibuat oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan diharapkan dapat menjawab kebutuhan akan informasi tersebut,” katanya saat membuka pertemuan pendampingan manajemen logistik se-Barito Utara, Rabu, 24 Juli 2019.

Ia melanjutkan, logistik obat dan BMHP memiliki peran penting dalam mendukung sistem kesehatan nasional. Obat dan BMHP berperan untuk mendukung pelayanan kesehatan di semua tingkat pelayanan.

“Pentingnya pengelolaan logistik diprediksi akan meningkat, khususnya di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, manjemen logistik obat dan BMHP yang baik akan memberikan kemudahan untuk mengelola pengadaan, penyimpanan, dan distribusi dalam rangka untuk memenuhi permintaan pasien yang semakin lama kian meningkat.

“Pelayanan logistik obat dan BMHP di Indonesia memiliki pola dan struktur yang khas. Mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, dan fasilitas kesehatan. Di mana setiap tingkat memiliki wewenang dan tangung jawab yang berbeda terkait dengan pengelolaan logistik obat dan BMHP tersebut,” katanya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru