Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kendal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Karhutla, Manggala Agni Gencar Lakukan Sosialisasi Hingga Ke Pelosok Desa

  • Oleh Wahyu Krida
  • 24 Juli 2019 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Manggala Agni Daops Pangkalan Bun gencar sosialisasi bahaya karhutla kepada masyarakat.

Sosialisasi itu gencar dilakukan lantaran saat ini sudah masuk musim kemarau dan berpotensi munculnya hotspot atau titik panas yang bisa menimbulkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kepala Manggala Agni Daops Pangkalan Bun Binsar Oktavianus Togatorop, Rabu, 24 Juli 2019 menjelaskan mengenai pentingnya keterlibatan masyarakat dalam mengendalikan karhutla, terutama di desa rawan terjadinya kebakaran.

"Manggala Agni bersama TNI, Polri dan Masyarakat Peduli Api (MPA),  terus melakukan kampanye pencegahan karhutla. Bentuknya melalui anjangsana dalam kegiatan patroli maupun dalam acara dan kegiatan kemasyarakatan yang ada di desa" jelas Binsar.

Kepala Regu Manggala Agni Daerah Daops Pangkalan Bun Heri Budianto mengatakan, selain sosialisasi pihaknya juga melakukan patroli ke berbagai desa untuk memantau wilayah areal rawan kejadian kebakaran hutan dan lahan.

"Kami sampaikan kepada masyarakat tentang efek, bahaya dan dampak dari karhutla juga tentang sanksi dan pidana bagi pelaku," jelas Heri.

Menurut Heri, tim patroli juga melakukan penandaan di areal lokasi rawan karhutla. "Tim juga mengumpulkan data dan informasi di lokasi rawan, memetakan lokasi baik fisik maupun permasalahan yang ada di desa," jelas Heri. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru