Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Membaca Literasi Harus Dijadikan Budaya

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 25 Juli 2019 - 01:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Plt Asisten II Setda Kota Palangka Raya, Ikhwanudin mengajak generasi muda untuk membudayakan membaca buku literasi.

Budaya membaca ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi sekaligus untuk membentengi generasi muda dari pengaruh budaya negatif di era globalisasi. 

“Contoh sekarang anak-anak cenderung betah membuka handphone dan whatsapp. Bahkan bisa sampai seharian. Hal ini harus diimbangkan dengan kebiasaan membaca buku,” ucap Ikhwanudin, Rabu 24 Juli 2019.

Ia mngajak anak-anak untuk tidak sungkan mengunjungi dan meminjam buku di perpustakaan, baik itu perpustakaan sekolah, perpustakaan kota Palangka Raya maupun perpustakaan pemerintah provinsi.

“Kita harus dorong agar anak anak kita kedepan bisa tetap memperhatikan buku buku literasi. Kita mengajak mereka untuk lebih meningkatkan lagi kegiatan membaca diperpustakaan,” ucap Ikhwanudin.

Apalagi, lanjut dia, dengan dorongan digitalisasi dimana untuk membaca buku tinggal memencet menu di gawai yang dimiliki. 

“Ya kita tinggal mengarahkan anak anak untuk lebih memanfaatkan buku literasi,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-2)

Berita Terbaru