Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gresik Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sudah 3 Helikopter Water Bombing Disiagakan di Bandara Tjilik Riwut

  • Oleh Budi Yulianto
  • 25 Juli 2019 - 06:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tiga helikopter water bombing sudah disiagakan di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya. Tiga helikopter itu merupakan bantuan dari pusat setelah pemerintah Provinsi Kalteng lebih dulu mengajukan bantuan untuk pemadaman.

"Sampai hari ini kita mendapat bantuan tiga helikopter water bombing," kata Sekda Kalteng Fahrizal Fitri didampingi Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran atau BPB-PK Kalimantan Tengah, Mofit Saptono Subagio, Rabu, 24 Juli 2019.

Sekda menuturkan, bantuan helikopter itu sangat membantu untuk menanggulangi kebakaran lahan khususnya di daerah yang tidak dapat dijangkau menggunakan jalur darat.

Titik fokus dalam penanganan ancaman Karhutla masih di daerah Kota Palangka Raya dan wilayah Kabupaten Pulang Pisau. Sebab, di dua daerah ini tercatat paling banyak dibanding kabupaten lain.

Sekda menduga, kebakaran terjadi karena adanya unsur kesengajaan dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Dugaan tersebut setelah berulangkali ikut keliling memadamkan api menggunakan helikopter. 

Sementara itu, Mofit menambahkan, helikopter tersebut sudah dioperasikan sejak 23 Juli 2019. Mofit juga menyebut sangat membantu karena beberapa titik api tidak dapat dijangkau dengan jalur darat.

Baik dengan roda 2, 4 maupun jalan kaki. Terlebih lagi juga sumber air minim bahkan ada yang tidak ditemukan. (BUDI YULIANTO/B-5/ADV)

Berita Terbaru