Petugas Dinas Peternakan Cek Kesehatan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 25 Juli 2019 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Jelang Hari Raya Idul Adha, petugas Dinas Peternakan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) akan pemeriksaan kesehatan hewan kurban.

Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan dan kelayakan hewan tersebut untuk dikurbankan.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Reteriner Dinas Peternakan Kobar Haryo Prabowo mengatakan, menjelang perayaan Idul Adha dilakukan antemortem ternak atau pemeriksaan kesehatan ternak sebelum dipotong.

"Kita lakukan antemortem ke beberapa pedagang ternak yang ada di Kobar, lalu kita beri kalung sebagai tanda bahwa sapi itu sehat dan layak untuk dipotong," ujarnya, Kamis, 25 Juli 2019.

Ia menambahkan, pihaknya sudah terjun ke berbagai lokasi, di antaranya Kecamatan Pangkalan Banteng dan Kecamatan Pangkalan Lada, untuk mengecek kesehatan hewan dan memberi kalung tanda sehat.

Selain mengecek kondisi kesehatan hewan sebelum dipotong, nantinya petugas akan mengecekan ulang setelah hewan itu dipotong atau postmortem.

"Dari luarnya sehat tapi pas sudah dipotong kita cek lagi, apakah dihatinya ada penyakit, seperti cacing dan lainnya? Kalau ada penyakit ya kita sita, tapi kalau sehat kita persilakan," tuturnya. (DANANG/B-3)

Berita Terbaru