Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua KPU Sukamara: Komitmen Bersama Dapat Turunkan Pelanggaran

  • Oleh Norhasanah
  • 25 Juli 2019 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU Sukamara Ahmad Zen Alantany berharap, dengan adanya komitmen bersama dalam evaluasi fasilitasi kampanye Pemilu serentak tahun 2019, dapat menekan pelanggaran terhadap pelaksanaan pemilihan umum.

"Mudah-mudahan, dengan komitmen kita semua, termasuk dari pemerintah daerah, ini semacam lampu hijau untuk memfasilitasi dengan catatan bisa mengurangi korelasi penurunan tingkat misalnya kalau ada money politik," ucap Ahmad Zen Alantany, Kamis, 25 Juli 2019.

Zen berharal, melalui forum evaluasi tersebut, maka kedepan, dalam pelaksanaan pemilu terutama mengenai  fasilitas alat peraga kampanye bisa semakin baik, tidak adanya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan.

"Apakah ini berbanding lurus, karena yang namanya larangan, termasuk money politik itu dilarang, itu akan ditindak tegas, baik dari Undang-undang maupun dari KPU sendiri," ujarnya.

Menurut Zen, dalam evaluasi fasilitasi kampanye Pemilu serentak tahun 2019, pihaknya menerima masukkan dan saran yang disampaikan pemerintah daerah maupun partai politik.

""Alhamdulillah dari perjalanan kegiatan ini tadi, selain masukkan juga ada kritik yang disampaikan kekita, dengan harapan agar bisa lebih baik untuk pemilu yang akan datang," tuturnya.

Zen menambahkan, pelaksanaan kegiatan juga dilakukan karena berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemiluhan umum, serta peraturan KPU Nomor 33 tahun 2018 tentang perubahan kedua atas peraturan KPU Nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye pemiliham umum. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru