Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Demak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu juga Bahas Politik Uang

  • Oleh Norhasanah
  • 25 Juli 2019 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dalam evaluasi fasilitasi kampanye Pemilu serentak tahun 2019 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukamara, salah satu permasalahan yang dibahas adalah politik uang atau money politics.

Di mana dalam kegiatan tersebut, salah satu peserta evaluasi dari partai politik membahas masalah kasus money politics yang terjadi di Kabupaten Sukamara pada Pemilu serentak 2019.

"Lagi-lagi yang berkembang di forum adalah money politics, dimana Bawaslu juga kesulitan untuk pembuktian, karena untuk membuktikan hal tersebut tentunya perlu ada bukti dan saksi," ujar Ketua KPU Sukamara, Ahmad Zen Alantany, Kamis, 25 Juli 2019.

Zen menegaskan, bahwa dirinya tidak bisa memastikan adanya pelanggaran politik uang pada pemilihan umum tahun 2019.

"Saya tidak mempunyai kapasitas menyatakan bahwa ada money politics dalam pelaksanaan Pemilu ini," ujarnya.

Zen menambahkan, dalam kegiatan tersebut, selain menerima masukkan dan saran yang dari pemerintah daerah maupun partai politik, pihaknya juga menerima kritikan yang disampaikan pada forum tersebut.

"Mudah-mudahan, dengan komitmen kita semua, termasuk dari pemerintah daerah, ini semacam lampu hijau untuk memfasilitasi dengan catatan bisa mengurangi korelasi penurunan tingkat misalnya kalau ada money politik," harap Ahmad Zen Alantany. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru