Sanggar Bakuba Jadi Terbaik Pada Lomba Tari di Festival Barkraf

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 25 Juli 2019 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sanggar Bakuba Kelurahan Mendawai yang menampilkan tari Pambelum Huma Betang pada Rabu, 24 Juli 2019 berhasil menjadi yang terbaik dalam lomba tari tradisional pada Festival Kotawaringin Barat Kreatif atau Barkraf yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kobar.

Ketua Sanggar Bakuba Rakhmat Agus Setiawan menyampaikan, tari pambelum huma betang telah menjadi yang terbaik dengan berhasil menjadi juara 1 lomba tari tradisional kreasi, penata tari terbaik dan penata atau rias busana terbaik.

"Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dari rekan - rekan semuanya sehingga dapat tampil dengan maksimal dan juara ini merupakan bonusnya," ujarnya kepada Borneonews, Kamis, 25 Juli 2019.

Ia menambahkan, anggota sanggarnya telah berhasil mengalahkan 7 peserta lomba lainnya. Adapun usia penari yang menampilkan tari Pambelum Huma Betang itu dari berbagai usia.

"Kalau usia itu umum, ada yang masih pelajar, mahasiswa bahkan sampai ada yang sudah bekerja," ungkapnya.

Tak lupa dia mengajak seluruh kawula muda untuk mencintai budaya lokal dan mari bersama angkat budaya lokal Kalimantan Tengah, khususnya wilayah Kobar agar dikenal dan menjadi tujuan wisata.

Berbagai kegiatan di Sanggar Bakuba di antaranya latihan tari tradisional, modern dance, Silat Merumpuk Kutamara atau lawang sekepeng, Karungut, Pantun Seloka, dan lain sebagainya. Adapun cara bergabungnya bisa langsung datang ke sekretatiat di Jalan Prakusuma Yudha, RT 15 Gg Teratai 1 No. 38 Kelurahan Mendawai, Pangkalan Bun. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru