Perhatikan 4 Hal Ini saat Membeli Hewan Kurban

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 25 Juli 2019 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Menjelang perayaan Idul Adha banyak pedagang hewan kurban dadakan, Dinas Peternakan Konar menyarankan kepada umat muslim agar memperhatikan 4 hal saat membeli hewan kurban.

Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Reteriner Dinas Peternakan Kobar Maripah Riwala mengatakan, berdasarkan syariat dan dari dinas peternakan ada 4 hal yang harus diperhatikan saat membeli hewan kurban.

Empat hal tersebut di antarannya, harus sehat. Kedua harus cukup umur. Sapi harus umur 2 tahun dan Kambing umur 1 tahun. 

Ketiga tidak boleh cacat dan keempat harus jantan. "Secara syariat diusahakan jantan, kalau tidak ada betina juga boleh, kalau dinas sebaiknya jantan, tidak boleh memotong betina yang produktif," ujarnya, Kamis, 25 Juli 2019.

Selain itu juga, pihak Dinas peternekan juga sudah memberi sampel atau tanda berupa kalung sebagai bukti bahwa hewan ternak tersebut dinyatakan sehat.

"Pemberian kalung tersebut dapat membantu masyarakat untuk menentukan apakah hewan kurban tersebut sehat atau tidak," tutupnya. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru