Ribuan Personel Tersebar akan Utamakan Pencegahan Karhutla

  • Oleh Budi Yulianto
  • 25 Juli 2019 - 22:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebanyak 1.512 personel gabungan yang akan disebar ke 263 desa di Kalteng akan mengutamakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Ini ditegaskan Tenaga Ahli dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB, Mayjen TNI (purn) Komarudin Simanjuntak, Kamis, 25 Juli 2019.

"Setelah dilakukan evaluasi, lebih efektif pencegahan. Sehingga terbentuklah satgas gabungan ini yang nantinya mereka akan bergotong-royong dalam menjalankan operasi pencegahan," kata Komarudin yang hadir langsung dalam apel gabungan di Lapangan Sanaman Mantikai, Palangka Raya.

Ia menuturkan, upaya tersebut sebagai wujud keseriusan pemerintah dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Ribuan personel gabungan nantinya akan berbaur ke tengah masyarakat. 

"Kita harus bekerja keras. Selain untuk memadamkan kebakaran, juga akan menambah rasa persaudaraan," ungkapnya. 

"Melihat apel, saya yakin dan percaya, Kalteng akan menjadi model untuk pelaksanaan pencegahan berikutnya," tuturnya.

Sebelumnya, apel gabungan itu dipimpin langsung Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. Termasuk dihadiri Danrem 102/Panju Panjung Kolonel Arm Saiful Rizal dan pejabat lainnya.

Berikutnya gubernur memberikan arahan. Para anggota satgas langsung bergerak dimulai dari Kota Palangka Raya. Kemudian pada Jumat, 26 Juli 2019, rencananya akan disebar ke berbagai daerah yang telah ditentukan. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru