Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulungan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Katingan Ini Tertarik Kembangkan Jambu Kristal

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 Juli 2019 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Tidak hanya warga atau petani biasa yang tertarik mengembangkan tanaman jambu kristal, namun dari kalangan anggota DPRD Kabupaten Katingan juga mengaku tertarik untuk membudidayakan tanaman jambu yang memiliki cita rasa enak ini.

Ia adalah Endang Susilawatie, yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Katingan.

Ditemui usai mengikuti kegiatan seminar Kaukus Perempuan Parlemen di gedung DPRD Kabupaten Katingan, Kamis, 25 Juli 2019, Endang sapaan akrab Endang Susilawatie ini tampak semangat bercerita terkait tanaman jambu kristal itu.

"Selama ini tidak banyak yang tahu kalau saya merupakan salah satu penyuplai buah jambu kristal di area Kasongan dan sekitarnya," ucap Endang.

Endang mengaku memiliki sekitar 400 batang tanaman jambu kristal yang di tanam di areal seluas sekitar setengah hektare.

Menurutnya, tanaman jambu kristal miliknya sudah lima bulan ini produksi. Ia mengaku menjual jambu kristal kepada pengepul buah. "Mereka (pengepul) malah kasih uang duluan ke kita takut gak kebagian," katanya.

Satu kilogram buah jambu kristal biasanya dibeli pengepul Rp 20 ribu. Biasanya ia bisa panen satu minggu sekali dengan rata-rata sekali panen 50 kg jambu kristal.

Membudidayakan jambu kristal, imbuh Endang, tidak serumit menanam tanaman palawija. Sebab setelah jambu ditanam perawatannya hanya pembersihan rumput sekitar pohon dan juga pemupukan serta penyemprotan jika ada hama. 

Endang mengaku mendapatkan bibit jambu kristal dari wilayah Pelantaran Kabupaten Kotim. "Di tempat kami beli bibit di Pelantaran juga siap menampung buah jambu kristal itu dengan harga Rp 22 ribu per kilogramnya, tapi kita yang antar kesana," tutup Endang. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru