Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peserta Seleksi Siswa Mengenal Nusantara Presentasikan Esai

  • Oleh Testi Priscilla
  • 26 Juli 2019 - 08:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Seleksi Siswa Mengenal Nusantara atau SMN berlangsung dengan metode tujuh peserta yang berasal dari SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, dan SMAN 6 Palangka Raya secara bergiliran tampil mempresentasikan esainya.

"Memang pelaksanaannya agak mendadak karena informasi dan instruksi dari Dinas Pendidikan Provinsi kalteng juga mendadak diterima," kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/MA Kota Palangka Raya, H Arbusin di sela menyeleksi para siswa yang mengikuti kegiatan tersebut, Kamis, 25 Juli 2019 siang.

Di depan juri perwakilan dari masing-masing sekolahnya ini membacakan atau mempresentasikan esainya. Mereka menyatakan minatnya mengikuti SMN agar dapat mengenal lebih banyak dan lebih dekat belahan nusantara yang akan dikunjungi nanti.

Keragaman budaya, keragaman alam, bahasa daerah, dan banyaknya kekayaan nusantara menjadi daya tarik para siswa itu. Mereka juga menyatakan minatnya untuk memperkenalkan budaya Kalteng kepada para peserta dari seluruh Indonesia nanti.

Tampilan unjuk kebolehan juga disajikan para siswa. Meski waktunya singkat tanpa kostum khusus, tanpa properti yang memadai, dan tanpa iringan musik, mereka tetap dapat menyuguhkan kemampuan berkesenian daerah, yakni menampilkan sekilas gerakan tari daerah, melantunkan sepenggal lagu, daerah, dan memeragakan komunikasi lisan dengan bahasa daerah.

"Kota Palangka Raya mendapat kuota tiga siswa dari kuota 20 siswa se-Kalimantan Tengah yang akan mengikuti kegiatan SMN pada awal Agustus 2019 ini," tutur Kepala SMAN 5 Palangka Raya ini. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru