Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Upaya Pemkab Sukamara Sediakan Lapangan Kerja untuk Transmigran

  • Oleh Norhasanah
  • 26 Juli 2019 - 09:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten Sukamara berupaya menyediakan lapangan pekerjaan bagi warga transmigrasi di SP1 Pulau Nibung. Salah satu caranya, dengan mengundang investor.

"Setiap KK nanti akan mendapat dua hektare lahan, untuk Lahan Usaha (LU1) dibagi menjadi 0,25 sebagai rumah dan pekarangan dan 0,75. Untuk lahan usaha tanam pangan atau tanaman semusim, tidak masalah," kata Bupati Sukamara, Windu Subagio, Jumat, 26 Juli 2019.

"Kemudian untuk lahan LU2 nya, bisa digunakan untuk tanam investasi, seperti kelapa dalam dan sebagainya," ujar Windu.

Menurut Windu, untuk tanaman investasi tersebut, bisa diterapkan terhadap program transmigrasi di kawasan Pulau Nibung, Kecamatan Jelai tersebut. 

"Seandainya kalau 5.000 KK, maka LU2 akan ada 5.000 hektare, jadi skala industri bisa. Kalaupun kurang untuk sekala industri, apabila masyarakat ingin menambahnya maka bisa dilahan 0,75 ini," ujarnya.

Windu menambahkan, untuk rencana ini juga perlu mengundang investor yang nantinya bekerjasama dengan masyarakat.

Untuk itu, tentunya harus ada perjanjian, yakni untuk pekerja yang ditempatkan untuk pengelolaan lahan, harus memberdayakan warga transmigrasi.

"Kita harus menciptakan lapangan-lapangan pekerjaan di lokasi transmigrasi ini, kalau tidak, lari mereka. Kalau mereka sudah pada pergi, susah kita," ucap Windu Subagio. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru