Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

77 % Masyarakat Desa Pulau Nibung Bekerja Sebagai Petani

  • Oleh Norhasanah
  • 26 Juli 2019 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Sebanyak 77% masyarakat di Desa Pulau Nibung, Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara bekerja sebagai petani. Komoditas tanaman yang banyak digeluti adalah padi sawah.

Berdasarkan komposisi mata pencaharian masyarakat setempat, pada data 2018, sebanyak 520 orang atau 77 % warga desa bekerja sebagai petani, kemudian 30 orang atau 4,46 % adalah sebegai peternak dan lainnya.

Luas lahan yang dibuka petani untuk bertani padi sawah mencapai 70 hektare, kemudian jeruk seluas 5 hektare dan pisang 10 hektare.

Lantaran pekerjaan petani mendominasi di wilayah tersebut, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara mempersiapkan desa tersebut sebagai salah satu Desa Mandiri Benih.

"Untuk saat ini di Kabupaten Sukamara hanya ada dua desa yang kita persiapkan dan kita pilih sebagai Desa Mandiri Benih," kata Kepala DKPP Sukamara, Irlan Kodriansyah.

Menurut dia, dipilihnya dua desa tersebut sebagai Desa Mandiri Benih karena para petani setempat sudah mampu menghasilkan gabah dengan kualitas baik sehingga benih yang dihasilkanpun akan baik, mengingat perlakuan gabah yang dipersiapkan untuk menjadi benih dan dikonsumsi sangatlah berbeda. 

"Untuk gabah yang akan dijadikan benih itu ada perlakukan khususnya, benih tidak boleh rusak dan lembab karena akan mengurangi kualitasnya sehingga tidak sembarangan, sebab apabila ditanam tidak bagus tumbuhnya," terang Irlan.

Irlan berharap, dengan adanya Desa Mandiri Benih maka petani tidak perlu lagi membeli benih dari luar daerah, sehingga akan menghemat waktu dan biaya mengingat benih yang berasal dari luar daerah akan jauh lebih mahal jika dibanding dengan benih dari wilayah sendiri. 

"Jika di tempat kita sudah menyediakan benih tentunya harga akan lebih murah jika beli dari daerah lain. Kami upayakan benih yang nantinya dihasilkan akan memiliki kualitas baik agar hasil yang didapat pun baik," ujar Irlan. (NORHASANAH/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru