Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinsos PMD Barito Utara Gelar Bursa Inovasi Desa

  • Oleh Ramadani
  • 26 Juli 2019 - 13:04 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Barito Utara dan Tim Inovasi Desa Kecamatan Teweh Tengah, Teweh Baru, serta Teweh Selatan menggelar Bursa Inovasi Desa Cluster I.

Kegiatan kali ini bertema Memaksimalkan Penggunaan Dana Desa dengan Kegiatan Inovatif untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Kemandirian Desa.

Kegiatan dilaksanakan di Gedung Balai Antang, Kota Muara Teweh, Kamis, 25 Juli 2019.

Bursa Inovasi Desa dibuka oleh Plt Kepala Dinas Sosial PMD Barito Utara Eveready Noor dan dihadiri camat Teweh Tengah, camat Teweh Selatan, camat Teweh Baru, perwakilan FKPD, para aparatur desa, dan Tim Program Inovasi Desa, serta undangan.

Eveready Noor dalam kesempatan itu mengatakan bahwa dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, disebutkan bahwa desa memiliki dua kewenangan, khusus yaitu kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal skala desa.

“Untuk mendukung desa dalam pelaksanaan kedua kewenangan tersebut. Pemerintah telah mengucurkan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) sejak 2015. Dengan adanya kucuran dana ke desa-desa, diharapkan desa berkemampuan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat secara efektif, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Eveready Noor.

Dijelaskannya, inovasi akan membuat perubahan besar bagi desa, sumber daya desa akan semakin bersaing, infrastrukturnya menjadi lebih baik. "Semuanya secara tidak langsung akan menggerakkan ekonomi di desa itu sendiri,” katanya lagi.

Sementara itu, Camat Teweh Tengah M Mastur mengatakan kegiatan bursa inovasi desa diselenggarakan oleh gabungan Tim Program Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Teweh Tengah, Kecamatan Teweh Baru, dan Kecamatan Teweh Selatan, yang diarahkan oleh pendamping desa dan pendamping lokal desa dari tiga Kecamatan tersebut.

"Saya dalam hal ini mewakili camat Teweh Baru dan camat Teweh Selatan, kami selaku pembina TPID Kecamatan sangat mendukung sepenuhnya atas penyelenggaraan kegiatan Bursa Inovasi Desa ini,” ujar Mastur.(RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru