Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dana Desa untuk Kotawaringin Timur Capai Rp 153,823 Miliar

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Juli 2019 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dana desa yang disalurkan pemerintah pusat kepada Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mencapai Rp153,823 miliar.

Dana itu diperuntukan bagi 168 desa yang tersebar di 17 kecamatan di Kotim.

"Tahun ini kami menerima dana untuk 168 desa di Kotim yakni Rp 153,823 miliar dan sebagian sudah tersalurkan hingga pertengahan tahun ini," ujar Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sampit Budi Lesmana, Jumat, 26 Juli 2019.

Penyaluran dana desa dilakukan secara bertahap sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan pemerintah. Tahap pertama 40%, tahap kedua 40%, dan tahap ketiga 20%. Dana hanya akan disalurkan kepada desa yang sudah menyelesaikan persyaratan.

"Jadi kami akan salurkan dana tersebut jika syarat-syarat sudah dipenuhi pihak desa," kata Budi.

Adapun syarat yang harus dipenuhi di antaranya tertuang dalam peraturan daerah (perda) tentang APBD terbaru dan laporan pertanggungjawaban (LPj) dana desa tahun sebalumnya.

Jika semuanya sudah dipenuhi, KPPN akan menyalurkan ke rekening kas umum daerah. Hingga dilanjutkan penyalurannya ke rekening kas umum desa.

"Kami akan terus berupaya agar dana tersebut cepat tersalurkan. Namun pihak desa juga harus segera memenuhi persyaratan tersebut," tegas Budi. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru