Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penduduk Lamandau Bertambah 4.000 Jiwa selama Enam Bulan Terakhir

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 26 Juli 2019 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pertumbuhan jumlah penduduk di Kabupaten Lamandau dalam kurun waktu enam bulan terakhir cukup pesat.

Selama periode Januari hingga Juni 2019, jumlah penduduk di kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba ini bertambah sekitar 4.000 jiwa.

"Jumlah penduduk Kabupaten Lamandau per 31 Desember 2018 sebanyak 91.520 jiwa. Namun dari data terakhir per 30 Juni 2019, data penduduk Lamandau saat ini sekira 95.400 jiwa. Artinya, dalam kurun waktu enam bulan terjadi penambahan penduduk sebanyak 4.000 jiwa," ungkap Wakil Bupati Lamandau Riko Porwanto, Jumat, 26 Juli 2019.

Ia menyebut, penambahan jumlah penduduk tersebut dilatarbelakangi berbagai faktor. Antara lain masih banyaknya peluang usaha di Kabupaten Lamandau, khususnya bidang perkebunan.

"Sehingga banyak sekali masyarakat yang dulunya bekerja di Lamandau, dia kembali ke kampungnya, lalu kembali lagi ke Lamandau dengan membawa sanak saudara," ujar dia.

Sejumlah faktor lain juga diduga turut berimbas pada peningatan jumlah penduduk. Misalnya pengaruh dari adanya isu pemindahan ibu kota negara ke Provinsi Kalimantan Tengah.

Di tempat berbeda, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil Lamandau, Budi Prastowo, mengatakan bahwa dalam rangka mendukung program pemerintah pusat, utamanya ketertiban administrasi kependudukan, pihaknya telah menjalankan program jemput bola.

"Pelayanan dengan pola jemput bola kita lakukan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukannya, mulai dari KTP, kartu keluarga, akta kelahiran, dan lain sebagainya," ujarnya.

Menurut Budi, pelayanan administrasi kependudukan dengan pola jemput bola cukup efektif. Karena masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh dan repot datang ke kantor Disdukcapil, melainkan petugas dinaslah yang datang ke desa. (HENDI NURFALAH/B-3)

Berita Terbaru