Damiano Anugerah Paskah Raih Juara II Kategori Duta GenRe Tingkat Provinsi

  • Oleh Uriutu
  • 26 Juli 2019 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Damiano Anugerah Paskah meraih juara II Kategori Duta pada ajang kreatif produktif Generasi Berencana atau GenRe tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Kabid Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atau DPPKBP3A, Febrisi Tri Candriani, mengatakan, dalam ajang tersebut Barsel mangirimkan tiga remaja GenRe.

Yakni lanjut dia, Damiano Anugerah Putra, Fitri Aulia Sari sebagai Duta GenRe, kemudian Arfina Agustina yang mewakili untuk kategori Ajang Kreativitas GenRe. 

Ketiga peserta ini sambung dia, merupakan anggota PIK R Dharma Muda SMAN 1 Dusun Selatan. 

"Diharapkan Duta GenRe yang menang bisa menjadi koordinator forum GenRe di Barsel. Apalagi Barsel belum memiliki forum itu, semoga bisa segera dibentuk forum GenRe untuk tingkat kabupaten," kata Febrisi Tri Candriani kepada Borneonews, Jumat, 26 Juli 2019.

Ia membeberkan, dalam rangka merespon permasalahan remaja dewasa ini, BKKBN mengembangkan program GenRe, yakni program yang tujuannya untuk penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan.

Sehingga lanjut dia, remaja ke depannya mampu melangsungkan jenjang pendidikan dan berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Ia menambahkan, program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan NAPZA. Agar mereka menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan.

"GenRe bertujuan untuk memfasilitasi remaja agar belajar memahami dan mempraktikan perilaku hidup sehat dan berakhlak, guna mencapai ketahanan remaja sebagai wujud generasi berencana," jelas dia. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru