Ternak Lokal Baru Penuhi 10 Persen Kebutuhan Hewan Kurban di Palangka Raya

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 26 Juli 2019 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya mencatat produksi ternak lokal Kota Palangka Raya hanya bisa memenuhi 10 persen kebutuhan kurban 1440 H.

“Harus diakui pengembangan produksi sapi atau kambing dari peternak lokal di Palangka Raya masih sedikit atau berkisar 10 persen,” kata Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat Verteriner (Kesmavet) DKPP Kota Palangka Raya Sumardi, Jumat, 26 Juli 2019.

Hal ini, lanjut dia, tidak sebanding dengan tingginya permintaan hewan kurban. Namun walaupun begitu, ia berharap produksi ternak kedepannya bisa terus bertambah untuk memenuhi keperluan masyarakat.

“Tapi masyarakat yang memerlukan hewan kurban tidak perlu khawatir kekurangan stok hewan kurban, sebab dipastikan ketersediaaanya akan tetap mencukupi,” ucapnya.

Ia menuturkan terkait persiapan menghadapi hari raya Iduladha, DKPP Kota Palangka Raya telah menyiapkan tim khusus untuk melakukan pengecekan kesehatan.

“Kami telah menyiapkan tim pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan untuk dijadikan kurban. Jadi dipastikan akan aman,” sebut dia.

Nantinya, lanjut dia, akan ada tanda diberikan pada hewan kurban yang dinyatakan layak atau sehat. Tanda tersebut berupa tanda pening yang dipasang pada tali atau telinga hewan kurban

“Jadi untuk membeli hewan kurban pastikan yang sudah mendapat tanda dari dinas,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru